Rabu, 05 Desember 2012

Kredit Union


Credit Union adalah salah satu solusi pemberdayaan ekonomi yang bisa melibatkan banyak kalangan masyarakat, lintas agama bahkan lintas usia, agar mereka bertanggungjawab akan masa depannya masing-masing. Yang pra sejahtera bisa naik sedikit menjadi lebih sejahtera; yang sudah sejahtera pun bisa memiliki nilai sosial dari uang simpanannya untuk digunakan bagi mereka yang membutuhkan. Bukan sekedar charity atau donasi, tetapi menjadi modal untuk mengangkat taraf hidup mereka sendiri.
Kabar terbaik yang ingin didengar orang miskin adalah bahwa sebentar lagi mereka tidak miskin lagi. Sebentar lagi anak-anak mereka bisa terus sekolah. Kabar terbaik nya adalah ada jaminan pensiun bagi orang miskin kalau mereka mau mempersiapkannya dari sekarang. Bahkan kabar baiknya mereka yang meninggalpun tidak meninggalkan ‘hutang’, tapi justru bisa meninggalkan ‘berkat’ bagi ahli warisnya karena pinjamannya mendapatkan proteksi.
Sejak tahun lalu paroki kami mulai merintis pelayanan simpan pinjam melalui Credit Union Bererod Gratia (CUBG) yang berkantor di KWI. Inisiatif ini diawali dari banyaknya permintaan pinjaman umat ke PSE. Tentu kami memiliki keterbatasan baik dalam hal kemampuan memberikan pinjaman dan juga dalam hal SDM. Sehingga dengan bergabung dengan CU, umat yang membutuhkan pinjaman bisa terlayani. Tetapi yang paling penting adalah adanya perubahan polapikir melalui pelatihan2 bagi para anggota sehingga mereka memiliki keinginan kuat untuk keluar dari keterbatasannya dan dipersiapkan menjadi wiraswasta.
Berikut adalah tujuan mendirikan CU:
1.  Membimbing dan mengembangkan sikap hemat menghadapi tantangan konsumerisme disekeliling kita.
2.  Memberikan pinjaman layak, tepat, cepat dan murah; terutama bagi mereka yang tidak memiliki aset yang dapat dijaminkan ke lembaga keuangan.
3.  Membiasakan anggota agar menggunakan uang dengan bijaksana. Think twice, Act wise. Para pengurus akan membimbing bagaimana memilih simpanan dan menggunakan pinjaman. Pembentukan karakter adalah salah satu prasyarat bagi permohonan kredit.
4.  Agar anggota dapat merancang masa depan yang lebih baik tidak hanya menghadapi kesulitan sekarang, tapi juga memikirkan masa depan anak-anaknya.

1 komentar: